Ibukota Myanmar

Nay Pyi Taw berarti “ibukota yang mewah”,atau “kursi” raja, tetapi juga diterjemahkan sebagai “tempat tinggal raja-raja”. Naypyidaw (juga dibaca Nay Pyi Taw) adalah ibukota nasional Myanmar yang sekarang, berlokasi di Desa Kyatpyae, Kota Pyinmana, Propinsi Mandalay. Kyatpyae dalam bahasa Myanmar berarti ‘lari di bawah perjuangan’. Naypyidaw berarti ‘Kota/Istana Kerajaan’, tetapi juga diartikan sebagai ‘singgasana raja’”.Kegiatan administrasi ibukota Myanmar secara resmi dipindahkan ke sebuah lahan kosong sekitar dua mil barat Pyinmana pada 6 November 2005. Naypyidaw kurang lebih 320 kilometer di sebelah utara Yangon. Nama resmi ibukota diumumkan pada saat Hari Angkatan Militer (Armed Forces Day) pada Maret 2006.

Naypyitaw memiliki sejarah singkat, telah didirikan di  situs dalam semak belukar 2 mil (3.2 km) barat Pyinmana , dan sekitar 200 mil (320 km) utara Yangon , dengan konstruksi mulai tahun 2002. Setidaknya 25 perusahaan konstruksi yang disewa oleh pemerintah militer untuk bekerja di kota, termasuk Asia World dan Htoo LDT . Pemerintah militer mulai memindahkan kementerian pemerintahan dari Yangoon ke Naypyidaw pada tanggal 6 November 2005 di waktu keberuntungan astrologically dari 06:37 Lima hari kemudian, pada tanggal 11 November pukul 11 pagi, yang kedua konvoi dari 1.100 truk militer membawa 11 batalion militer dan 11 departemen pemerintah meninggalkan Yangon. Kementerian yang diharapkan sebagian besar di tempat pada akhir Februari 2006, namun langkah terburu-buru menyebabkan kurangnya sekolah dan fasilitas lainnya yang memisahkan pegawai pemerintah dari keluarga mereka untuk sementara waktu. Pemerintah awalnya melarang keluarga pekerja pemerintah dari pindah ke ibukota baru. markas militer yang terletak di sebuah kompleks yang terpisah dari departemen pemerintah, dan warga sipil telah dilarang memasuki baik. Vendor dibatasi ke zona komersial dekat kantor-kantor pemerintah. Untuk bekerja resmi, petugas menggunakan “NPT” sebagai sinonim.

Pada tanggal 27 Maret 2006, lebih dari 12.000 tentara berbaris di ibukota baru dalam acara publik pertamanya: sebuah parade militer besar-besaran untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata -yang merupakan pemberontakan Burma melawan pendudukan Jepang pada 1945 .Syuting tersebut terbatas pada tanah parade beton yang berisi tiga besar patung-penggambaran raja-raja Burma Anawrahta , Bayinnaung dan Alaungpaya , yang dianggap sebagai tiga raja yang paling penting dalam Sejarah Burma . Kota ini secara resmi dinamai Naypyidaw pada saat upacara ini. Beginilah sejarah singkat dari Ibukota Myanmar yang baru. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

6 Balasan ke Ibukota Myanmar

  1. Luqman Ganteng berkata:

    weee bagus lho!! cari berita bagus lainya ya!!! sukses selalu!!!

  2. swetty berkata:

    iya donkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk@@@@@

  3. shinta berkata:

    jika ingin ke ibukota myanmar ini sudah ada bandaranya apa belum?

  4. shinta berkata:

    jika ingin ke nay pyi taw bandara yang terdekat namanya apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s